Senin, 09 Maret 2020

Pemanfaatan Penyimpanan Cloud Untuk Pengarsipan Di Madrasah

Ilustrasi Rak Server, Source pixabay.com
Di jaman yang semakin modern ini, semua serba di mudahkan dengan fitur-fitur teknologi yang terbaru, seperti HP pintar atau Smartphone yang memanjakan penggunanya dengan segudang fitur yang melimpah, yang menyerupai Komputer. Walaupun tidak bisa sepenuhnya menggantikan komputer, setidaknya dengan smartphone, beberapa pekerjaan yang seharusnya di lakukan di komputer, bisa di selesaikan dengan smartphone.

Hal itu menjadi kemajuan yang sangat bagus, contoh lain seperti halnya Whatsapp, dimana dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengirim sms, suara, dokumen dll yang bisa terkirim secara realtime, hal ini sangatlah mempermudah pekerjaan di madrasah.

Seperti halnya dokumen, dulu untuk pemberkasan, seorang guru memerlukan banyak sekali kertas untuk pemberkasan pribadi, dan harus di anter melalui proses yang sangat lama, namun dengan adanya whatsapp, dokumen bisa langsung dikirim dengan cepat.

Selain whatsapp, aplikasi buatan google, seperti Google spread sheet juga memudahkan madrasah dalam mengirim data dan mempermudah dalam pembuatan file spreadsheet atau excel di manapun dan kapanpun hanya dengan terkoneksi denga internet.

Selain google spreadsheet, salah satu fitur google yang sering di gunakan adalah Google Form, yang di gunakan untuk mempermudah pengiriman berkas guru ke Pusat. dan Ini adalah bentuk dari kemajuan teknologi dan pemanfaatan teknologi yang tepat guna.

Salah satu aplikasi google yang akan di gunakan MI Al Ma'arif Bojongsari adalah Google One, Sebuah media penyimpanan milik Google yang menawarkan fitur penyimpanan berbasis Cloud atau awan [Cari tahu Tentang Penyimpanan Cloud], dengan fitur google ini, MI Al Ma'arif Bojongsari akan menyimpan seluruh berkasnya di di Google, hal ini di karenakan untuk menjaga keamanan data yang takut hilang sewaktu-waktu karena kerusakan hardisk.

Selain itu, dengan menggunakan penyimpanan Google One, Madrasah lebih menghemat dana, dari pada harus membangun server dengan fitur backup harian yang di perkirakan akan menambah beban pengeluaran, seperti perawatan, pembuatan server, dan listrik serta internet yang akan membengkak.

Dengan Google one, arsip akan di simpan dengan aman tanpa takut hilang, karena google menyediakan penyimpanan awan ini dengan sangat baik. Dengan sistem backup data yang baik, menjadikan MI Al Ma'arif Bojongsari tidak takut kehilangan berkas.

Selain itu, dengan Penyimpanan Google One, guru bisa dengan mudah mengakses dan mencari file yang di inginkan. Karena bisa di buka, edit, tulis dan lain-lain di manapun dan kapanpun asal terkoneksi dengan Internet.

Google One, menyediakan penyimpanan mencapai 30 TB.


Artikel Terkait :

Google Photos, Solusi Untuk Backup Foto

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon